Buletin

Edisi 04 / Tahun 2010


Klensect Tetap Hebat Mengendalikan Ulat



Dalam dunia pestisida Indonesia, merek Klensect sudah tidak asing lagi di wilayah-wilayah yang sudah mengenal DGW. Serangga utama yang menjadi target produk ini adalah ulat, yang dikenal sebagai hama pengganggu utama dalam hortikultura dan tanaman tahunan. Klensect berperan sebagai pengendali hama yang populasinya sudah mencapai nilai ambang ekonomi. Petani dilapangan terbukti menyukai efek knock down-nya yang cepat dan efektif.

Klensect juga memiliki sifat repellent sehingga bisa mencegah hama datang kembali. Bahan aktif yang terkandung dalam produk ini adalah Permethrin 200g/L yang memiliki golongan piretroid dengan rumus kimia C21H20Cl2O3 dan memiliki warna kuning kecoklatan. Klensect bekerja dengan dua cara, pertama melalui kontak fisik, yaitu Klensect masuk melalui jaringan pernafasan serangga. Kedua, melalui mulut, Klensect akan masuk dan menyerang lambung serangga.

Setelah itu Klensect akan menyebar ke dalam jaringan saraf serangga. Di dalam saraf, bahan aktifnya akan menghambat fungsi saluran sodium (Na+) dalam sistem syaraf serangga, akibatnya proses penghantaran ke syaraf pusat tidak terjadi. Serangga kemudian akan mengalami kejang-kejang, sekarat dan akhirnya mati. Bicara mengenai pemasaran, Indonesia Timur merupakan pasar yang luar biasa untuk Klensect. Sekitar 70% dari total sales Klensect nasional berasal dari wilayah tersebut. Ini adalah tantangan bagi wilayah-wilayah lainnya, terutama wilayah pulau Jawa yang dirasa memiliki potensi besar untuk produk Klensect ini.

Dosis rekomendasi penggunaan Klensect


Tanaman

Hama Sasaran

Dosis / Konsentrasi

Bawang Merah

Spodoptera exigua (Ulat grayak)

1 – 1,5 ml/l

Cabai

Spodoptera litura (Ulat grayak)

1 – 1,5 ml/l

Kubis

Plutella xylostella (Perusak daun) dan Crocidolomia binotalis (Perusak daun)

0,5 – 1 ml/l dan 0,75 – 1 ml/l

Kentang

Thrips palmi (Hama thrips)

0,25 – 0,5 ml/l

Kakao

Cronopomorpha cramerella (Penggerek buah kakao)

1 – 2 ml/l

Kelapa Sawit

Thosea asigna (Ulat api)

0,25 – 0,5 ml/l




Buletin Lainnya

Edisi 07 / Tahun 2012

Mengendalikan Hama Ulat Api Pada Pertanaman Kelapa Sawit

Edisi 06 / Tahun 2011

TANDEM PUSH – PULL PT DGW & PT AJM/IDC

Buletin GRATIS Update Tiap Bulan

Hubungi Kami

PT Dharma Guna Wibawa
Alamat: Jalan Agung Perkasa 10, North Jakarta, Jakarta, Indonesia
Telp: (021) 6520222
Email: contact@pt-dgw.com